tips ikut audisi

Beberapa teman di twitter sempat bertanya kepada saya. Gimana sih caranya supaya bias lolos dari sebuah audisi menyanyi?

Huaduuh.. kalau itu pertanyaannya, akan ada beberapa jawaban. Tapi di sini saya akan berbagi tentang jawaban yang saya tahu ya.

Ikut audisi itu ibarat berburu. Harus kita ketahui medan perburuannya seperti apa, harus tau apa yang akan diburu, dan dengan menggunakan senjata apa. Harus tau diri juga. Maksudnya.. apabila fisik kita nggak cukup kuat untuk berburu, ya nggak usah maksa. Hehehe.

Kita mulai ya..

 

Ketahuilah maksud dari audisi tersebut.

  • Apakah audisi menyanyi untuk acara tertentu seperti drama musikal, atau audisi untuk penyanyi berjenis pop, keroncong, dll.  Karena cara membawakan sebuah lagu untuk kepentingan-kepentingan di atas berbeda-beda.
  • Sebisa mungkin cari tau tentang apa yang dimaui oleh para pengaudisi.

Datanglah dengan siap

  • Siapkan lagu-lagu atau tarian yang pas untuk diaudisi.
  • Jangan menyanyikan lagu keroncong kalau yang dicari oleh pengaudisi adalah penyanyi pop.
  • Jangan malu untuk menyanyi secara teatrikal kalau memang yang dicari adalah penyanyi untuk drama musikal.
  • Hafalkan lagu yang memang harus dihafal untuk audisi.
  • Nyanyikanlah lagu-lagu yang sedang ‘in’
  • Tapi siapkan juga lagu-lagu yang menonjolkan kelebihan suara kiita.
  • Mengertilah arti dari lagu yang akan dinyanyikan.
  • Kalau nggak mengerti arti dari lagu yang akan dinyanykan buat audisi, lebih baik nyanyikan lagu yang lain.
  • Jangan lupa untuk melakukan pemanasan sederhana sebelum mulai audisi.

 

Menyanyilah secara sederhana.

  • Nggak usah sibuk dengan segala macam improvisasi dan ornamentasi.
  • Menyanyi secara sederhana, benar, dan keluar dari hati itu biasanya lebih diapresiasi oleh pengaudisi.
  • Kalau lagunya mau diberi ornamen, sah-sah saja. Hanya saja, jangan di setiap kalimat.

 

Jaga dinamika dalam bernyanyi. 

  • Ingat, bernyanyi indah tuh bukan berarti harus selalu lantang dan tinggi.
  • Bernyanyi indah itu apabila si penyanyi tahu kapan harus teriak secara lantang, dan kapan harus memelankan suaranya mengikuti dinamika lirik dan melodi yang ada.
  • Buat teman-teman yang bersuara mezzo sopran atau alto, nggak usah berkecil hati dan ‘meninggi-ninggikan’ suara kalian dengan teriak atau mengambil nada-nada yang menyakitkan telinga.
  • Pilihlah lagu yang paling nyaman dinyanyikan.

 

Jadilah diri sendiri, yakin, dan rapi.

  • Saya rasa hampir setiap pengaudisi mengharapkan para peserta audisi untuk tampil apa adanya.
  • Maksudnya, nggak berlebih, nggak juga malu-malu. Jujur menjadi diri sendiri. Itu yang diharapkan. Karena bila kita menjadi diri sendiri, biasanya apa yang akan kita nyanyikan akan keluar dengan nyaman.
  • Bila sudah ada di ruang audisi, yakinlah dengan apa yang akan dinyanyikan.
  • Ambil nafas yang panjang secara teratur untuk menghindari rasa grogi yang berlebih.
  • Tampil secara rapi dan sederhana juga akan memberi nilai tambah untuk para pengaudisi. Siapa sih yang nggak suka lihat orang yang rapi dan cantik atau ganteng?
  • Kalau kita nggak merasa yang dua terakhir, tampil dengan rapi sudah cukup membantu.

 

Terakhir.. HAVE FUN!! 

  • Yup! Nyanyi tuh harus senang.
  • Apapun yang terjadi, saat kita bahagia dalam melakukan sesuatu, biasanya akan menghasilkan sesuatu yang indah.

 

 

Segitu dulu ya tips dari saya.

Ini hanya tips lho. Soal diterima atau tidaknya di babak audisi nanti, lihat saja nanti. Hehehe…

Dan kalau kita nggak lolos di satu audisi, jangan khawatir. Ada banyak audisi yang lain. Selama kita terus mengasah diri, mendengarkan segala masukan, tetap percaya akan mimpi kita, insyaallah akan ada jalan untuk mewujudkannya.

SEMANGAT! 

Selamat ikut audisi. 

6 Comments

Filed under Thought

6 Responses to tips ikut audisi

  1. AYU

    AUDISI APA SAJA YANG BISA KAMI IKUTI?
    MOHON DIBALAS……………

  2. andry

    Kalo audisi X Factor Indonesia bsok, mnrt mbak Nina aku harus nyanyi lagu pop or bs genre lain ky keroncong misalnya? Scr vokal aku nyaman dg lagu2 bercengkok mcm keroncong atau melayu, atau kl pop familiar dg lagu2 oldies n jujur aja gak banyak lagu pop hits skrg yg aku bisa hehehehee,,, #usia 29 tp sukanya lagu kakek2 :D . Kira2 bakaln jd masalah nggak ya?
    Btw tipsnya bagus banget, thanks before ya…

  3. Arya Dwi Anggara

    Ka nina, suara saya kan ngbass n lumayan tinggi lah ( tdk melebihi judika yahh….) :D , boleh minta saran ga, lagu yg cocok buat aq apa yh, buat audisi X’Factor lusa depan (Tegang Sangaaaattt :D :D )… Bingung pilih” lagu yg pas :’(
    Oia Tipsnya T.O.P B.G.T ka Nina… ;)
    Ditungga replynya, thank u Ka Nina ;*

    • admin

      Hi Angga..

      Aduh, lagu apa yg cocok utk kamu ya?
      Harus kamu sendiri yg menentukan dear.
      Yang pasti… kamu harus yakin saat membawakan lagu itu.
      Keyakinan pembawaan tuh udah point tersendiri. tapi jgn “ke-PD-an” yaaa. :) hhihihi.
      Soalnya kalau terlalu PD suka nggak kontrol nantinya.

      Kalau kamu mau bawain lagunya Judika, ya silahkan. Tapi yakin ya :)

      Deg2an atau nervous boleh. tapi sampai di depan juri2 audisinya, ambil waktu sebentar.. baru nyanyi.
      Jangan lupa baca do’a. Plus minta do’a orang tua juga.

      Selamat audisi dear.

  4. dedi

    Thankz ?ª mbak – saya siap mnjadi perwakilan medan gooo AFI 2013

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*


seven − 2 =

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>